Gw Suka petualangan apa lagi kalo yang namanya pake nyali dan bahaya, beberapa waktu lalu gw denger kalo  PT. Moto KTM Indonesia sebagai pemasok motor premium buatan negara Austria bakalan memperkenalkan produk terbaru mereka yang siap bertarung di pasar Indonesia, KTM 1190 adventure dan KTM 990 SM T. PT Moto KTM Indonesia memperlihatkan dua jenis motor terbaru tersebut di sela-sela acara peresmian KTM Superstore SCBD.

Keduanya adalah jenis motor sport adventure yang dapat digunakan di jalan aspal maupun offroad.  Motor-motor tersebut diklaim sudah menggunakan teknologi yang selangkah lebih maju dan sudah siap digunakan untuk berkompetisi sesuai dengan slogan mereka “ready to race”. di mana kedua motor ini banyak sekali disematkan fitur dan suku cadang yang sering digunakan untuk berkompetisi.



Nih yang pertama ada  KTM 1190 adventure:



Motor ini pertama kali diperkenalkan di dunia pada pameran Intermot, Colagne-Jerman tahun 2012 yang lalu. KTM 1190 Adventure adalah pesaing BMW R1200GS atau Ducati Multistrada 1200 S Pikes Peak. KTM 1190 adventure diklaim akan menjadi petualang sejati di berbagai kondisi jalanan dan off-road ringan, maupun berat.

Motor ini menggunakan teknologi canggih yang disematkan di dalamnya dan tetap mempertahankan keunggulan khas KTM yaitu bobotnya yang ringan. KTM menjamin KTM 1190 adventure ini akan menyenangkan diajak bepergian kemanapun. KTM 1190 adventure menggunakan mesin V 75 derajat, dua silinder, liquid-cooled, dengan pengapian busi ganda (twin plug ignition), bersistem injeksi, dan engine management terbaru keluaran Keihin, serta teknologi drive-by-wire dan anti-hopping clutch.

Dengan kapasitas mesin sebesar 1190 cc, motor ini dapat menghasilkan tenaga besar hingga mencapai 150 PS dengan torsi maksimum 125 Nm. Selain tenaga yang besar, motor ini juga menyematkan teknologi untuk kenyamanan dan keamanan saat riding, di mana suspensi yang bisa diatur sesuai karakter jalan yang dilalui berkat fitur Elektronic WP Suspension yang dapat diatur secara elektronik, sistem pengereman ABS merek Brembo pada rem depan dan belakang yang bisa dinon-aktifkan, fitur Traction Control 5 mode dari Bosch, juga disematkan pada motor ini, di mana fitur ini mengatur tekanan ban sesuai keinginan si pengendara.

Fitur lain yang dapat diatur adalah pijakan kaki, tempat duduk pengendara, stang kemudi, dan windshield. Semua fitur dan teknologi standart tersebut sudah ada di motor KTM 1190 adventure yang dibanderol seharga Rp450 juta.

Terus yang kedua ada KTM 990 SM T:

Motor terbaru ini masuk dalam kategori supermoto, KTM 990 SM T merupakan pernyempurnaan dari model sebelumnya. Varian ini menawarkan kenyamanan yang lebih baik saat touring jarak jauh. Piranti suspensi 210 milimeter dan perangkat sistem pengereman antilock brake system (ABS) menjadi fitur standar model ini.

KTM 990 SM T dipersenjatai dengan rem dari Brembo empat kapiler. Piranti ini dihadirkan KTM sebagai jaminan keamanan dan kenyamanan pengendara semaksimal mungkin selama melakukan touring di jalanan aspal maupun off road ringan. Fitur-fitur tersebut membuat KTM 990 SM T sangat direkomendasikan untuk sebuah perjalanan ekspedisi.

Posisi duduk pengendara dibuat se-ergonomis mungkin untuk menciptakan riding position yang tepat. Ditambah lagi panel instrumen yang berisi beragam informasi seperti speedometer dan rpm meter didesain futuristik agar mudah dilihat dan dibaca pengendara, selain itu, pelapis jok menggunakan bahan kulit berkualitas tinggi, sehingga pengendara tidak akan mudah terpeleset.

Dengan kapasitas mesin 999cc, KTM 990 SM T menggunakan mesin v75 derajat, dua silinder, liquid-cooled, dengan pengapian busi ganda, bersistim injeksi. Engine management terbaru keluaran Keihin, berteknologi drive by wire dan anti hopping clutch. Tenaga yang dihasilkan motor ini mencapai 115ps yang disalurkan melalui transmisi manual 6 speed. Motor terbaru ini dilego ke pasar Indonesia seharga Rp300 juta.

Tapi tetep aja gw ngga deh nih bisa kebeli ato engga, namanya juga mimpi boleh dong